ABS: Kekuatan di Balik Sistem Pengereman Canggih

Ayumi Fadhila

ABS adalah singkatan dari Anti-lock Braking System, sebuah sistem pengereman canggih yang mencegah roda kendaraan terkunci saat pengereman mendadak. Sistem ini memungkinkan pengemudi untuk mempertahankan kontrol atas kendaraan dan mengurangi jarak pengereman, terutama di permukaan yang licin.

Dengan menggunakan sensor kecepatan roda, ABS memonitor kecepatan roda secara terus-menerus dan mengatur tekanan pengereman untuk mencegah roda dari terkunci. Ini memastikan bahwa ban tetap memiliki traksi dengan permukaan jalan, yang sangat penting untuk menjaga stabilitas dan kemampuan manuver kendaraan.

Sistem ABS telah menjadi fitur standar pada sebagian besar kendaraan modern, baik mobil maupun sepeda motor, karena kontribusinya yang signifikan terhadap keselamatan berkendara. Selain itu, keberadaan ABS sering kali dapat menurunkan premi asuransi kendaraan, karena mengurangi risiko kecelakaan.

Harga untuk sistem ABS bervariasi tergantung pada jenis dan model kendaraan. Untuk mobil, sistem ABS dapat menjadi bagian dari paket keselamatan standar atau sebagai fitur tambahan yang mempengaruhi harga akhir kendaraan. Di pasar aftermarket, sistem ABS dapat ditambahkan ke kendaraan yang lebih tua dengan biaya yang berkisar antara beberapa ratus hingga beberapa ribu dolar, tergantung pada kompleksitas instalasi dan merek komponen.

Penggunaan ABS telah berkembang seiring waktu, dengan versi yang lebih canggih seperti Electronic Stability Control (ESC) dan Traction Control System (TCS) yang memperluas fungsionalitas dasar ABS untuk meningkatkan keselamatan berkendara lebih jauh lagi. Teknologi ini bekerja bersama untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih aman dan lebih nyaman, menegaskan pentingnya inovasi berkelanjutan dalam sistem keselamatan kendaraan.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar