Gelombang Elektrifikasi Mengaspal di Indonesia: Lonjakan Penjualan Mobil Listrik

Ayumi Fadhila

Penjualan mobil listrik di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, mencerminkan tren global menuju kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Pada tahun 2023, tercatat peningkatan penjualan yang mengesankan dengan angka mencapai 1.331 unit hanya pada bulan Agustus, menandai kenaikan 24% dari bulan sebelumnya dan 30% dari tahun sebelumnya.

Kesadaran akan keberlanjutan dan dukungan pemerintah melalui insentif menjadi katalis utama. Misalnya, Hyundai Ioniq 5 Signature Extended berhasil meraih penjualan tertinggi dengan angka wholesale sekitar 3.877 unit, diikuti oleh Wuling Air EV Long Range yang mencatatkan angka wholesale 2.121 unit.

Selain itu, kebijakan subsidi yang diumumkan pemerintah Indonesia turut mempengaruhi penjualan. Subsidi sebesar Rp 80 juta untuk mobil listrik dan Rp 8 juta untuk motor listrik diharapkan dapat mendorong adopsi kendaraan listrik yang lebih luas.

Dengan pertumbuhan yang pesat ini, Indonesia berpotensi menjadi pemain kunci dalam pasar kendaraan listrik di Asia Tenggara. Kinerja penjualan yang melambung hingga 383% pada tahun 2022 dibandingkan tahun sebelumnya menunjukkan bahwa Indonesia tidak hanya siap untuk transisi energi tetapi juga memimpinnya.

: Databoks
: Databoks
: Data Indonesia

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar