Gelombang Kepulangan: Puncak Arus Balik 2023

Ayumi Fadhila

Puncak arus balik 2023 menjadi momen penting yang ditandai dengan pergerakan jutaan pemudik kembali ke kota-kota besar setelah merayakan Lebaran bersama keluarga. Tahun ini, puncak arus balik diprediksi terjadi pada tanggal 25 April, atau H+2 Lebaran, dengan pergerakan masih tinggi hingga H+3.

Kementerian Perhubungan telah menyiapkan strategi untuk mengatur lalu lintas yang padat, termasuk penerapan sistem satu arah (one way) dan contraflow di beberapa titik kritis. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa pemudik dapat kembali ke tempat tinggal mereka dengan lancar dan aman.

Selain itu, tercatat lebih dari 1,5 juta kendaraan telah kembali ke wilayah Jabotabek, dan diperkirakan akan ada sekitar 465.473 kendaraan lagi yang akan mengikuti arus balik melalui Tol Trans Jawa hingga akhir periode Lebaran. Pemerintah juga mengimbau masyarakat untuk menghindari perjalanan pada tanggal puncak arus balik untuk mengurangi risiko kemacetan.

Dengan persiapan yang matang dan kerjasama dari semua pihak, diharapkan puncak arus balik 2023 dapat berjalan dengan lancar, memungkinkan semua orang untuk kembali ke rutinitas sehari-hari dengan selamat dan tanpa hambatan.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar