Gelora Bung Tomo Surabaya: Kebanggaan Sepak Bola dan Arsitektur Modern

Ayumi Fadhila

Gelora Bung Tomo Surabaya tidak hanya sekedar nama stadion, tetapi juga simbol dari semangat dan kebanggaan masyarakat Surabaya. Terletak di Benowo, stadion ini merupakan bagian dari Surabaya Sports Center yang luas dan multifungsi. Dengan kapasitas 46,806 penonton, Gelora Bung Tomo telah menjadi saksi bisu pertandingan-pertandingan sepak bola yang membara serta konser-konser yang memukau.

Stadion ini dibangun dengan desain yang modern dan fasilitas yang lengkap. Dari rumput Zoysia japonica yang hijau hingga lintasan atletik yang memenuhi standar internasional, setiap detailnya dirancang untuk memberikan pengalaman terbaik bagi atlet maupun penonton. Gelora Bung Tomo juga telah menjadi rumah bagi klub sepak bola Persebaya Surabaya sejak tahun 2012, yang sebelumnya bermarkas di Stadion Gelora 10 November.

Selain itu, Gelora Bung Tomo juga telah mengukir sejarah dalam dunia musik dan hiburan. Stadion ini telah menjadi lokasi konser untuk artis-artis ternama, baik lokal maupun internasional. Dari Noah hingga Aaron Kwok, stadion ini telah menyuguhkan pertunjukan yang tak terlupakan bagi para penggemarnya.

Pada tahun 2023, Gelora Bung Tomo mendapat kehormatan menjadi salah satu stadion penyelenggara FIFA U-17 World Cup. Dengan kapasitas yang disesuaikan menjadi 44,200 kursi untuk turnamen, stadion ini berhasil menyelenggarakan delapan pertandingan yang menampilkan bakat-bakat muda sepak bola dari seluruh dunia.

Gelora Bung Tomo Surabaya bukan hanya tentang sepak bola atau konser, tetapi juga tentang komunitas dan kebersamaan. Stadion ini telah menjadi pusat kegiatan sosial, budaya, dan olahraga yang mempererat tali persaudaraan antar warga Surabaya dan pengunjung dari berbagai daerah.

Dengan semangat Bung Tomo yang legendaris, stadion ini terus berinovasi dan berkembang, tidak hanya sebagai arena olahraga tetapi juga sebagai ikon kota Surabaya yang memancarkan gelora semangat juang dan kecintaan terhadap tanah air.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar