Honda Civic Type R 2021: Kinerja Maksimal dalam Balutan Sporty

Ayumi Fadhila

Honda Civic Type R 2021 menggabungkan desain agresif dan performa tinggi yang menjadikannya salah satu hatchback paling diidamkan tahun ini. Dengan mesin turbocharged empat silinder yang mampu menghasilkan 306 tenaga kuda dan torsi 295 lb-ft, Type R tidak hanya menjadi Civic tercepat, tetapi juga salah satu kompak sport terkencang di pasaran.

Kendaraan ini dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara yang transformatif, dengan akselerasi yang meletup-letup dan kemampuan handling yang luar biasa. Honda telah berhasil mengeliminasi torque steer yang sering menjadi masalah pada mobil berpenggerak roda depan yang bertenaga. Selain itu, sistem kemudi yang responsif, cengkeraman ban di tikungan yang luar biasa, dan suspensi yang mengejutkan dengan kenyamanannya, menjadikan Type R sebagai mobil yang sangat menyenangkan untuk dikendarai.

Interior Type R mungkin tidak paling mewah, namun aksen merahnya memberikan nuansa sporty yang khas. Dengan kursi belakang yang berukuran wajar dan area kargo yang cukup luas, Type R juga praktis untuk digunakan sehari-hari. Meskipun suara knalpotnya tidak terlalu menginspirasi dan cenderung berisik pada kecepatan tinggi, Type R tetap menjadi salah satu mobil yang paling menghibur untuk dikemudikan saat ini.

Untuk tahun 2021, Honda menawarkan edisi terbatas Type R yang benar-benar sesuai dengan namanya, karena hanya 1000 unit yang akan dibuat, dengan 600 di antaranya ditujukan untuk pelanggan di AS. Model ini hanya tersedia dalam cat Phoenix Yellow Pearl. Fitur-fiturnya termasuk panel atap gloss-black, cermin eksterior, dan scoop kap. Yang paling penting, edisi terbatas ini dimaksudkan untuk meningkatkan performa Type R dengan mengurangi berat sebesar 38 pon dan mengadopsi ban Michelin Sport Cup 2 yang lebih lengket. Honda juga mengatakan telah menyetel ulang karakteristik kemudi dan damper untuk bekerja dengan kombinasi roda dan ban tertentu.

Harga Honda Civic Type R 2021 dimulai dari $38,910 dan bisa naik hingga $45,010 tergantung pada trim dan opsi yang dipilih.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar