Inovasi Rangka Motor Matic untuk Performa Maksimal

Ayumi Fadhila

Jenis rangka motor matic menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kualitas dan kenyamanan berkendara. Dalam beberapa tahun terakhir, inovasi dalam desain rangka telah membawa perubahan signifikan pada performa motor matic.

Rangka Underbone: Merupakan desain rangka yang paling umum digunakan pada motor matic. Rangka ini memiliki keunggulan dalam hal berat yang ringan dan biaya produksi yang relatif rendah. Struktur rangka underbone memberikan kestabilan yang baik dan distribusi berat yang merata, sehingga cocok untuk penggunaan sehari-hari.

Rangka eSAF: Enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) adalah inovasi terbaru dari Honda yang pertama kali diperkenalkan melalui model Honda Genio. Rangka ini menggunakan pelat baja yang di-press dan dilas dengan teknologi laser, memberikan kekakuan yang lebih baik dan minim deformasi. Beberapa model Honda seperti BeAT, Scoopy, dan Vario 160 telah mengadopsi rangka eSAF.

Rangka Double Cradle: Digunakan pada beberapa model seperti Honda PCX 160 dan ADV 160, rangka double cradle menawarkan kekuatan dan stabilitas yang lebih tinggi, terutama untuk motor dengan kapasitas mesin yang lebih besar.

Dalam memilih motor matic, penting untuk mempertimbangkan jenis rangka yang digunakan karena akan berpengaruh langsung terhadap pengalaman berkendara. Rangka yang tepat dapat meningkatkan kestabilan, kenyamanan, dan tentunya keselamatan saat berkendara.

: Sumber informasi dari detikOto dan PT JBA Indonesia.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar