Joan Mir: Sang Juara Dunia MotoGP 2020 yang Mengakhiri Penantian Suzuki

Ayumi Fadhila

Juara dunia MotoGP 2020 telah ditentukan, dan itu adalah Joan Mir dari tim Suzuki Ecstar. Pembalap asal Spanyol ini berhasil mengunci gelar juara dunia setelah seri ke-13 di MotoGP Valencia, yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo pada tanggal 15 November 2020. Kemenangan ini sangat berarti bagi Suzuki, karena menjadi akhir dari penantian selama 20 tahun sejak Kenny Roberts Jr. membawa pulang gelar pada tahun 2000.

Joan Mir, yang memulai balapan dari posisi ke-12, berhasil finis di urutan ketujuh. Meskipun tidak memenangkan balapan tersebut, poin yang dia kumpulkan sudah cukup untuk memastikan dirinya sebagai juara dunia. Dengan total 171 poin, Mir unggul 29 poin dari Franco Morbidelli yang berada di urutan kedua klasemen.

Musim 2020 sendiri adalah musim yang unik dan penuh tantangan, terutama karena dampak pandemi COVID-19 yang mengubah banyak aspek dalam penyelenggaraan balapan. Absennya Marc Márquez, juara bertahan yang mengalami cedera, juga memberikan dinamika tersendiri dalam persaingan gelar juara.

Kesuksesan Joan Mir tidak hanya merupakan pencapaian pribadi, tetapi juga keberhasilan bagi Suzuki Ecstar yang berhasil meraih kejuaraan tim. Sementara itu, Ducati berhasil meraih kejuaraan konstruktor, meskipun tanpa memiliki pembalap di tiga besar klasemen.

Kisah Joan Mir dan Suzuki di musim 2020 akan dikenang sebagai momen ketika ketekunan, kerja keras, dan semangat tim berbuah manis. Gelar juara dunia MotoGP 2020 bukan hanya sekadar trofi, tetapi juga simbol dari perjuangan dan dedikasi yang tak kenal lelah.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar