Kecepatan dan Gairah di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika

Ayumi Fadhila

Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, sebuah mahakarya arsitektur dan kecepatan, terletak di jantung Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Dibuka pada November 2021, sirkuit ini telah menjadi simbol kemajuan Indonesia dalam dunia balap internasional.

Kapasitas dan Fasilitas
Dengan kapasitas hingga 195.700 penonton, sirkuit ini dirancang untuk memberikan pengalaman nonton yang tak terlupakan. Fasilitas modern dan area run-off yang luas menjamin keselamatan pembalap dan penonton, sementara 17 tikungan tajam menjanjikan aksi balap yang mendebarkan.

Event dan Prestasi
Sejak pembukaannya, sirkuit ini telah menjadi tuan rumah berbagai event bergengsi, termasuk MotoGP, World Superbike, dan Asia Talent Cup. Rekor lap tercepat dipegang oleh Enea Bastianini dengan Ducati Desmosedici GP23 pada tahun 2023, mencatat waktu 1:30.906.

Pengembangan Berkelanjutan
Sirkuit ini tidak hanya tentang kecepatan, tetapi juga tentang keberlanjutan. Lebih dari 3.000 hektar area konservasi disisihkan untuk menjaga keanekaragaman hayati lokal, memastikan bahwa pembangunan sirkuit berjalan seiring dengan pelestarian alam.

Akses dan Pariwisata
Mandalika International Street Circuit tidak hanya meningkatkan adrenalin, tetapi juga pariwisata. Terletak di area resor Mandalika, sirkuit ini menawarkan kombinasi sempurna antara olahraga dan rekreasi, menarik wisatawan dari seluruh dunia untuk menikmati keindahan Lombok sambil menyaksikan balap kelas dunia.

Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika adalah bukti nyata dari visi Indonesia untuk menjadi pusat olahraga dan hiburan kelas dunia. Dengan terus menggelar event-event internasional, sirkuit ini siap mengukir sejarah baru dalam dunia balap motor..

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar