Memahami Biaya Cabut Berkas Mobil: Panduan Lengkap 2024

Ayumi Fadhila

Biaya cabut berkas mobil merupakan aspek penting yang sering kali menjadi pertanyaan bagi pemilik kendaraan yang ingin melakukan mutasi atau perubahan kepemilikan. Proses ini melibatkan beberapa tahapan dan biaya yang harus dipahami dengan baik untuk memastikan transisi kepemilikan berjalan lancar.

Pengertian Cabut Berkas Mobil

Cabut berkas mobil adalah proses administratif di mana pemilik kendaraan mengajukan permohonan untuk menghapus berkas kendaraan dari daftar resmi yang dikelola oleh otoritas terkait. Proses ini biasanya terjadi ketika ada perubahan kepemilikan, kerusakan berat, atau penghapusan kendaraan dari registrasi karena alasan tertentu.

Biaya yang Terlibat

Biaya cabut berkas mobil di tahun 2024 telah ditetapkan sebesar 1% dari harga pembelian kendaraan. Misalnya, jika harga pembelian mobil adalah Rp200 juta, maka biaya mutasi yang harus dibayar adalah Rp2 juta. Namun, perlu diingat bahwa biaya ini belum termasuk biaya administrasi yang dikenakan oleh kantor Samsat.

Rincian Biaya

Berikut adalah rincian biaya yang mungkin terlibat dalam proses cabut berkas mobil:

  • Bea Balik Nama (BBN): Rp2 juta
  • Biaya fiskal: Rp250.000
  • Biaya cek fisik: Gratis (kadang ada biaya sukarela)
  • Biaya admin gudang kartu induk: Rp10.000
  • Biaya mutasi keluar: Rp50.000
  • Biaya mutasi masuk: Rp375.000
  • Biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) BPKB: Rp100.000
  • Biaya PNBP STNK: Rp400.000

Prosedur yang Harus Dijalani

Prosedur cabut berkas mobil melibatkan dua tahapan utama:

  1. Pengurusan di Samsat Asal: Melakukan cek fisik, penyerahan berkas, pengisian formulir, dan pembayaran pajak yang tertunda.
  2. Pengurusan di Samsat Domisili Baru: Setelah mendapatkan surat jalan dari Samsat asal, proses dilanjutkan di Samsat domisili baru dengan cek fisik dan pengumpulan dokumen yang diperlukan.

Kesimpulan

Memahami biaya dan prosedur cabut berkas mobil adalah kunci untuk memastikan proses mutasi kendaraan berjalan dengan lancar. Dengan informasi yang akurat dan persiapan yang matang, pemilik kendaraan dapat menghindari kejutan biaya tak terduga dan memastikan semua proses administratif terpenuhi dengan benar. Pastikan untuk selalu mengikuti prosedur yang berlaku dan mempersiapkan dana sesuai dengan biaya yang telah ditetapkan.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar