Memilih Antara Veloz dan Avanza: Sebuah Perbandingan Mendalam

Ayumi Fadhila

Beda Veloz dan Avanza menjadi topik hangat di kalangan pecinta otomotif yang mencari mobil keluarga yang nyaman dan ekonomis. Kedua model ini dikeluarkan oleh Toyota dengan segmen pasar yang berbeda, meskipun keduanya memiliki akar yang sama.

Veloz, dengan harga OTR* mulai dari Rp 288,7 Juta, menawarkan pengalaman berkendara yang lebih premium dibandingkan dengan Avanza yang dibanderol mulai dari Rp 235,1 Juta. Perbedaan harga ini mencerminkan perbedaan fitur dan spesifikasi yang ditawarkan oleh kedua mobil tersebut.

Spesifikasi Teknis: Mesin dan Performa

Veloz hadir dengan mesin berkapasitas 1496 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 105 hp, sedangkan Avanza dengan mesin 1329 cc menghasilkan tenaga 97 hp. Dari segi torsi, Veloz memiliki 137 Nm yang sedikit lebih unggul dibandingkan Avanza dengan 122 Nm.

Desain dan Kenyamanan

Dari sisi desain eksterior, Veloz menampilkan kesan yang lebih mewah dan sporty, dengan grill lebar yang dibalut dark chrome garnis. Sementara itu, Avanza memiliki desain yang lebih konservatif namun tetap elegan dan disukai banyak orang.

Interior Veloz didominasi warna gelap yang memberikan kesan mewah, dilengkapi dengan panel instrumen digital. Avanza, di sisi lain, menawarkan interior yang lebih cerah dengan warna abu-abu dan fitur-fitur standar yang membuat berkendara menjadi nyaman.

Fitur Unggulan

Veloz mengungguli Avanza dalam hal fitur-fitur modern seperti Smart Entry, Start Stop Button, dan Follow Me Home Light. Meskipun demikian, Avanza tidak ketinggalan dengan fitur-fitur pokok seperti pengaturan audio di lingkar kemudi, speaker, AC controller, dan USB port.

Kesimpulannya, pilihan antara Veloz dan Avanza tergantung pada preferensi pribadi dan kebutuhan Anda. Jika Anda mencari mobil dengan fitur lebih lengkap dan tampilan yang lebih elegan, Veloz mungkin adalah pilihan yang tepat. Namun, jika Anda mengutamakan aspek ekonomis dan kenyamanan dasar, Avanza bisa menjadi pilihan yang bijaksana.

*Harga OTR dapat berubah sewaktu-waktu dan mungkin berbeda di setiap daerah. Silakan cek harga terkini di dealer resmi Toyota terdekat Anda.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar