Menakjubkan dan Megah: Jembatan Terpanjang di Dunia

Ayumi Fadhila

Jembatan terpanjang di dunia, sebuah prestasi rekayasa yang menakjubkan, adalah Danyang-Kunshan Grand Bridge di China. Struktur ini merekam sejarah dengan panjang total yang mencapai 164,8 kilometer. Dibangun sebagai bagian dari jalur Kereta Api Berkecepatan Tinggi Beijing-Shanghai, jembatan ini melintasi wilayah yang luas, termasuk sungai, lembah, dan bahkan kota-kota kecil.

Keajaiban Rekayasa: Danyang-Kunshan Grand Bridge

Dibuka pada Juni 2011, Danyang-Kunshan Grand Bridge tidak hanya memegang rekor karena panjangnya tetapi juga karena kemampuannya menahan aktivitas seismik dan cuaca ekstrem seperti angin topan. Biaya pembangunan jembatan ini diperkirakan mencapai USD 8,5 miliar, menegaskan betapa besarnya investasi dan kepercayaan pada infrastruktur transportasi modern.

Kedua Terpanjang: Changhua-Kaohsiung Viaduct

Tidak jauh di belakang adalah Changhua-Kaohsiung Viaduct di Taiwan, dengan panjang 157,3 kilometer. Sebagai bagian dari jalur Kereta Api Berkecepatan Tinggi Taiwan, viaduk ini dirancang untuk menahan guncangan dari aktivitas seismik yang sering terjadi di wilayah tersebut.

Pentingnya Jembatan dalam Konektivitas Global

Jembatan-jembatan ini bukan hanya keajaiban arsitektur dan rekayasa, tetapi juga simbol penting dari konektivitas global. Mereka memfasilitasi transportasi dan komunikasi antar wilayah, mempercepat pertumbuhan ekonomi, dan memperkuat hubungan antar negara. Dengan demikian, jembatan terpanjang di dunia tidak hanya mencerminkan kemajuan teknologi, tetapi juga aspirasi manusia untuk terus terhubung dan berkembang..

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar