Mengenal Throttle Body: Jantung Performa Mesin Anda

Ayumi Fadhila

Apa itu throttle body? Throttle body adalah komponen krusial dalam sistem injeksi bahan bakar pada kendaraan modern. Fungsinya tidak bisa dianggap remeh karena ia bertindak sebagai ‘katup nafas’ untuk mesin. Terletak antara filter udara dan intake manifold, throttle body mengatur aliran udara yang masuk ke dalam mesin. Saat pedal gas ditekan, katup di dalam throttle body akan terbuka untuk membiarkan lebih banyak udara masuk, yang kemudian dicampur dengan bahan bakar untuk pembakaran.

Fungsi Vital Throttle Body

Throttle body memiliki peran penting dalam menentukan performa kendaraan. Ia mengontrol jumlah udara yang masuk ke mesin, yang berpengaruh langsung terhadap tenaga yang dihasilkan. Selain itu, throttle body juga berkontribusi pada efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang.

Pembersihan dan Perawatan

Pemeliharaan throttle body sangat penting untuk menjaga kinerja mesin tetap optimal. Penumpukan kotoran dan residu dapat mengganggu fungsi throttle body, menyebabkan gejala seperti idle yang tidak stabil, penurunan performa, dan konsumsi bahan bakar yang tidak efisien. Pembersihan rutin dengan produk pembersih khusus dapat membantu mencegah masalah ini.

Harga Throttle Body

Harga throttle body bervariasi tergantung pada merek dan model kendaraan. Untuk kendaraan umum, harga bisa berkisar dari SGD 250 hingga SGD 500. Namun, untuk kendaraan performa tinggi atau model khusus, harga bisa jauh lebih tinggi. Penting untuk memilih throttle body yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan untuk memastikan kinerja dan keamanan kendaraan.

Throttle body mungkin terlihat sederhana, namun perannya sangat vital. Dengan pemeliharaan yang baik dan pemilihan komponen yang tepat, throttle body dapat membantu mesin Anda beroperasi dengan performa terbaiknya.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar