Mengungkap Fungsi Vital Throttle Position Sensor dalam Kendaraan Modern

Ayumi Fadhila

Fungsi throttle position sensor (TPS) adalah komponen kunci dalam sistem injeksi bahan bakar elektronik yang terdapat pada kendaraan modern. Sensor ini memiliki peran penting dalam mengukur posisi katup gas, yang selanjutnya digunakan oleh unit kontrol mesin (ECU) untuk mengatur campuran bahan bakar dan udara yang ideal untuk pembakaran yang efisien.

Throttle position sensor biasanya terletak di badan throttle dan terhubung dengan poros katup gas. Ketika pedal gas ditekan, katup gas akan terbuka dan sensor ini akan mengirimkan sinyal tegangan ke ECU. Tegangan ini berubah sesuai dengan sudut pembukaan katup gas, memberikan data yang akurat tentang seberapa jauh pedal gas ditekan.

Dengan informasi dari TPS, ECU dapat menyesuaikan waktu penyemprotan bahan bakar dan pengapian, sehingga mesin dapat beroperasi dengan lancar di berbagai kondisi beban dan kecepatan. Ini juga membantu dalam mengurangi emisi gas buang dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Kerusakan pada throttle position sensor dapat menyebabkan gejala seperti:

  • Mesin tersendat atau mati saat idle.
  • Akselerasi yang tidak konsisten atau tersendat.
  • Konsumsi bahan bakar yang tidak efisien.
  • Lampu peringatan mesin menyala di dashboard.

Harga untuk throttle position sensor bervariasi tergantung pada merek dan model kendaraan, tetapi umumnya berkisar antara €20 hingga €200. Penting untuk memilih sensor yang kompatibel dengan kendaraan Anda untuk memastikan kinerja yang optimal.

Pemeliharaan dan pemeriksaan berkala pada throttle position sensor sangat disarankan untuk menjaga performa mesin yang baik dan menghindari masalah yang tidak terduga. Jika Anda mengalami masalah yang disebutkan di atas, segera periksakan kendaraan Anda ke mekanik profesional.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar