Meningkatkan Performa Thunder 125 dengan Piston Berdiameter Ideal

Ayumi Fadhila

Diameter piston Thunder 125 menjadi kunci utama dalam meningkatkan performa mesin. Sebagai komponen yang bergerak naik turun di dalam silinder, piston memiliki peran vital dalam menghasilkan tenaga. Untuk Suzuki Thunder 125, ukuran standar piston yang digunakan adalah 57 mm. Namun, bagi para penggemar modifikasi yang ingin meningkatkan kapasitas mesin melalui bore up, memilih piston dengan diameter yang lebih besar adalah langkah yang umum.

Piston oversize yang tersedia di pasaran untuk Thunder 125 biasanya mulai dari ukuran 0,25 mm hingga 2,00 mm lebih besar dari standar. Misalnya, piston dengan ukuran oversize 0,25 mm akan memiliki diameter sekitar 57,25 mm. Pilihan ini memungkinkan peningkatan volume ruang bakar dan potensi tenaga yang lebih besar.

Untuk proses bore up, sangat penting memilih piston yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi yang mampu menahan panas dan gesekan. Aluminium alloy adalah pilihan populer karena ringan dan tahan terhadap suhu tinggi. Selain itu, memastikan bahwa piston yang dipilih sesuai dengan ukuran pen seher juga krusial untuk menjaga keseimbangan dan efisiensi mesin.

Harga piston Thunder 125 bervariasi tergantung pada merek dan ukuran oversize yang dipilih. Sebagai contoh, piston dengan merek LHK Racing yang memiliki diameter 59-60 mm dibanderol sekitar Rp 325.000 hingga Rp 350.000. Harga ini tentu saja dapat berubah tergantung pada tempat pembelian dan ketersediaan produk.

Dalam melakukan bore up, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan mekanik yang berpengalaman. Pemilihan ukuran piston yang tepat dan pemasangan yang akurat akan memastikan bahwa Thunder 125 Anda tidak hanya lebih bertenaga, tetapi juga tetap awet dan handal dalam jangka panjang.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar