Misteri Terungkap: Siapa Penemu Mobil Listrik?

Ayumi Fadhila

Mobil listrik, yang kini menjadi simbol inovasi dan keberlanjutan, memiliki sejarah yang panjang dan menarik. Penemuan mobil listrik tidak dapat dikaitkan dengan satu individu, tetapi lebih kepada serangkaian penemuan yang berkontribusi pada pengembangan kendaraan ini. Salah satu tokoh terawal yang terkait dengan mobil listrik adalah Robert Anderson, seorang penemu dari Skotlandia. Pada tahun 1832, Anderson mengembangkan sebuah kendaraan roda tiga yang ditenagai oleh baterai non-rechargeable, yang dianggap sebagai salah satu bentuk awal dari mobil listrik.

Kemudian, pada akhir abad ke-19, William Morrison dari Amerika Serikat membuat debut dengan kendaraan listriknya yang mampu mengangkut enam orang penumpang dan bergerak dengan kecepatan hingga 22 km per jam. Namun, penemuan yang paling signifikan mungkin datang dari Ferdinand Porsche, yang pada tahun 1898 menciptakan P1, mobil listrik pertamanya, dan juga mengembangkan mobil hybrid pertama di dunia yang dapat beroperasi dengan listrik dan bensin.

Meskipun mobil listrik menikmati popularitas pada awal abad ke-20, munculnya Ford Model T pada tahun 1908, yang menawarkan harga yang lebih terjangkau dan jangkauan yang lebih jauh, menyebabkan penurunan minat terhadap mobil listrik. Namun, dengan meningkatnya kesadaran lingkungan dan teknologi baterai yang lebih maju, mobil listrik kembali mendapatkan momentum dan kini menjadi bagian penting dari masa depan transportasi yang berkelanjutan.

Dengan demikian, meskipun Robert Anderson dan William Morrison adalah beberapa nama yang terkait dengan penemuan awal mobil listrik, banyak inovator lain yang juga berkontribusi pada evolusi kendaraan ini. Hari ini, kita menyaksikan hasil dari berabad-abad inovasi yang terus berkembang, membawa kita menuju era baru mobilitas yang lebih bersih dan lebih hijau.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar