Panduan Lengkap Daftar Panjang Pick Up Pulser Yamaha

Ayumi Fadhila

Daftar panjang pick up pulser Yamaha menjadi informasi penting bagi para mekanik dan penggemar modifikasi motor. Pick up pulser atau yang sering juga disebut sebagai pulser coil, memiliki peran vital dalam sistem pengapian motor Yamaha. Komponen ini bertugas untuk mengirimkan sinyal ke CDI atau ECU yang kemudian akan menentukan waktu yang tepat untuk busi menghasilkan percikan api.

Fungsi dan Pentingnya Pick Up Pulser

Pick up pulser berfungsi sebagai sensor posisi poros engkol yang memberikan informasi tentang posisi piston. Informasi ini sangat penting karena menentukan timing pengapian yang akurat. Tanpa pick up pulser yang berfungsi dengan baik, motor bisa mengalami masalah saat dihidupkan atau bahkan tidak bisa dihidupkan sama sekali.

Ukuran dan Spesifikasi

Ukuran panjang pick up pulser pada motor Yamaha beragam tergantung pada model dan tipe motor. Secara umum, ukuran ini diukur dari tonjolan magnet yang ada pada pulser. Perbedaan ukuran ini mempengaruhi timing pengapian, sehingga penting untuk memilih ukuran yang tepat sesuai dengan spesifikasi motor.

Tips Memilih dan Mengganti Pick Up Pulser

Saat memilih pick up pulser, pastikan untuk:

  • Memeriksa manual servis motor untuk mengetahui ukuran yang tepat.
  • Mengukur panjang tonjolan magnet pulser yang lama untuk referensi.
  • Membeli dari dealer resmi Yamaha untuk mendapatkan komponen asli.

Jika perlu mengganti pick up pulser, berikut adalah langkah-langkah yang bisa diikuti:

  1. Matikan mesin dan pastikan motor dalam keadaan dingin.
  2. Buka cover mesin untuk mengakses pick up pulser.
  3. Lepaskan konektor pick up pulser lama.
  4. Pasang pick up pulser baru dengan hati-hati.
  5. Atur ulang timing pengapian jika diperlukan.

Kesimpulan

Memiliki daftar panjang pick up pulser Yamaha yang akurat sangat membantu dalam proses perawatan dan modifikasi motor. Dengan memilih ukuran yang tepat dan mengikuti prosedur penggantian dengan benar, sistem pengapian motor Yamaha Anda akan berfungsi secara optimal. Untuk informasi lebih lanjut mengenai ukuran dan spesifikasi pick up pulser Yamaha, Anda dapat mengunjungi dealer resmi atau bengkel spesialis Yamaha.


Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar