Panduan Lengkap Ganti Oli Gardan Motor Beat

Ayumi Fadhila

Ganti oli gardan pada motor Beat adalah salah satu aspek penting dalam perawatan motor yang sering terabaikan. Oli gardan memiliki peran krusial dalam menjaga kinerja transmisi agar tetap lancar dan mengurangi gesekan yang bisa menyebabkan keausan.

Kapan Harus Mengganti Oli Gardan?
Biasanya, penggantian oli gardan disarankan setiap kali motor mencapai jarak tempuh antara 8.000 hingga 10.000 kilometer. Namun, ini juga tergantung pada kondisi penggunaan motor dan rekomendasi dari pabrikan.

Mengapa Penting Mengganti Oli Gardan?
Oli gardan yang sudah kotor atau berkurang volumenya dapat menyebabkan kerusakan pada gear dan komponen lainnya. Ini bisa berujung pada perbaikan yang mahal dan mengurangi umur pakai motor.

Proses Penggantian Oli Gardan

  1. Siapkan motor Beat di tempat yang rata dan stabil.
  2. Buka baut pembuangan oli gardan yang biasanya terletak di bagian bawah gearbox.
  3. Biarkan oli lama mengalir keluar sepenuhnya.
  4. Bersihkan magnet pada baut pembuangan dari serpihan metal.
  5. Pasang kembali baut pembuangan dan isi dengan oli gardan baru hingga batas yang ditentukan.

Jenis Oli Gardan yang Disarankan
Untuk motor Beat, disarankan menggunakan oli gardan dengan spesifikasi yang telah ditetapkan oleh pabrikan, seperti SAE 80W-90 atau yang setara. Pastikan untuk memeriksa buku panduan motor untuk spesifikasi yang lebih akurat.

Biaya Penggantian Oli Gardan
Biaya untuk mengganti oli gardan motor Beat bisa bervariasi tergantung pada lokasi dan jenis oli yang digunakan. Secara umum, biaya ini berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000, termasuk biaya jasa.

Dengan mengganti oli gardan secara teratur, Anda tidak hanya memperpanjang umur motor Beat, tetapi juga menikmati perjalanan yang lebih halus dan nyaman. Jangan lupa untuk selalu mengikuti jadwal perawatan yang direkomendasikan untuk hasil terbaik.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar