Panduan Lengkap Proses Balik Nama Mobil

Ayumi Fadhila

Proses balik nama mobil merupakan langkah penting yang harus dilakukan ketika terjadi pergantian kepemilikan kendaraan. Proses ini memastikan bahwa semua dokumen kendaraan seperti STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) tercatat atas nama pemilik baru secara resmi di kepolisian.

Langkah Pertama: Persiapan Dokumen
Sebelum memulai proses, pastikan Anda memiliki dokumen-dokumen berikut:

  • KTP asli pemilik baru.
  • STNK asli.
  • BPKB asli.
  • Kwitansi jual beli yang disahkan notaris.
  • Formulir permohonan balik nama yang telah diisi lengkap.

Langkah Kedua: Kunjungi SAMSAT
Setelah dokumen lengkap, kunjungi kantor SAMSAT terdekat untuk memulai proses. Anda akan diberikan informasi mengenai biaya yang harus dibayar. Biaya balik nama mobil bervariasi tergantung pada jenis kendaraan dan wilayah, namun rata-rata berkisar antara Rp300.000 hingga Rp600.000.

Langkah Ketiga: Proses di SAMSAT
Di SAMSAT, dokumen Anda akan diverifikasi. Setelah pembayaran biaya, Anda akan menerima bukti pembayaran yang harus disimpan sebagai bukti telah melakukan proses balik nama.

Langkah Keempat: Tunggu Proses Administrasi
Proses administrasi balik nama membutuhkan waktu beberapa hari kerja. Setelah selesai, Anda akan dihubungi untuk mengambil dokumen baru yang sudah atas nama pemilik baru.

Langkah Kelima: Penutupan
Dengan dokumen baru di tangan, proses balik nama mobil Anda telah selesai. Pastikan untuk menyimpan dokumen dengan baik dan melakukan pengecekan untuk memastikan tidak ada kesalahan pada data yang tertera.

Proses balik nama mobil adalah prosedur yang sederhana namun penting untuk keabsahan dokumen dan keamanan transaksi kendaraan. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat memastikan proses berjalan lancar dan kendaraan Anda terdaftar secara sah atas nama Anda.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar