Sensor TPS Vario 125: Kunci Performa Optimal Skuter Anda

Ayumi Fadhila

Sensor TPS (Throttle Position Sensor) pada Vario 125 memegang peranan penting dalam mengatur campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke mesin. Sensor ini bekerja dengan mengirimkan sinyal ke ECU (Engine Control Unit) berdasarkan posisi throttle, yang kemudian menyesuaikan jumlah bahan bakar yang disuntikkan untuk performa mesin yang optimal.

Harga dan Pilihan Sensor TPS Vario 125

Harga sensor TPS Vario 125 bervariasi tergantung pada merek dan kualitasnya. Anda bisa mendapatkan sensor TPS asli dari Honda dengan harga mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 400.000. Pilihan lainnya termasuk sensor TPS aftermarket yang mungkin menawarkan harga lebih terjangkau atau fitur tambahan seperti respons yang lebih cepat.

Mengapa Sensor TPS Penting?

Tanpa sensor TPS yang berfungsi dengan baik, Vario 125 Anda mungkin mengalami gejala seperti tarikan mesin yang tidak rata, konsumsi bahan bakar yang tidak efisien, hingga masalah pada saat start mesin. Oleh karena itu, menjaga sensor TPS dalam kondisi baik adalah esensial untuk kenyamanan berkendara dan efisiensi bahan bakar.

Tips Perawatan Sensor TPS

  • Periksa secara berkala: Lakukan pemeriksaan rutin pada sensor TPS, terutama jika Anda merasakan perubahan pada performa mesin.
  • Bersihkan sensor: Debu dan kotoran bisa mengganggu kinerja sensor. Bersihkan dengan hati-hati menggunakan pembersih khusus elektronik.
  • Ganti jika perlu: Jika sensor TPS sudah tidak bisa dikalibrasi atau rusak, segera ganti dengan yang baru untuk menghindari masalah lebih lanjut.

Dengan memahami fungsi dan pentingnya sensor TPS, serta mengetahui cara merawatnya, Anda bisa memastikan bahwa Vario 125 Anda selalu dalam kondisi prima untuk setiap perjalanan.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar