Tangki CB 100 Original: Klasik yang Tak Lekang oleh Waktu

Ayumi Fadhila

Tangki CB 100 original merupakan salah satu komponen motor yang banyak dicari oleh para penggemar motor klasik. Motor Honda CB 100 sendiri adalah ikon dari era keemasan motor di Indonesia, terkenal dengan desainnya yang simpel namun elegan. Bagi para kolektor dan pecinta motor klasik, memiliki tangki CB 100 yang original adalah sebuah kebanggaan tersendiri, karena ini merupakan bagian penting dari sejarah otomotif.

Ketersediaan dan Harga

Mencari tangki CB 100 original bisa menjadi tantangan karena barang ini termasuk langka dan banyak dicari. Namun, berkat kecanggihan internet, kini kita bisa menemukan penjual yang menawarkan tangki CB 100 original dengan lebih mudah. Berdasarkan pencarian terkini, harga tangki CB 100 original berkisar antara Rp350.000 hingga Rp813.000. Tentu saja, harga ini bisa berubah tergantung pada kondisi tangki dan asal-usulnya.

Fitur dan Spesifikasi

Tangki CB 100 original memiliki kapasitas sekitar 10 liter, yang cukup untuk perjalanan jarak menengah. Desainnya yang ikonik dengan garis-garis yang melengkung dan logo Honda yang khas, membuatnya mudah dikenali dan sangat dicari. Untuk varian CB 100 K-5 yang dirilis di tahun 1980-1981, ukuran tangkinya sedikit lebih besar, yaitu 11 liter.

Pentingnya Keaslian

Keaslian tangki sangat penting bagi para kolektor. Tangki palsu atau replika mungkin tersedia dengan harga yang lebih murah, namun tidak akan memberikan nilai yang sama dengan tangki original. Tangki original tidak hanya mempertahankan nilai estetika dari motor, tetapi juga nilai historis dan investasi jangka panjang.

Perawatan Tangki CB 100 Original

Perawatan tangki CB 100 original tidak terlalu rumit. Yang terpenting adalah menjaga tangki agar tetap bersih dan bebas dari karat. Penggunaan pelapis dalam tangki bisa membantu mencegah karat dan kerusakan lainnya. Selain itu, pastikan untuk selalu menggunakan bahan bakar yang bersih untuk menghindari penyumbatan pada sistem bahan bakar.

Kesimpulan

Tangki CB 100 original adalah lebih dari sekadar komponen motor; itu adalah simbol dari sejarah dan kecintaan terhadap motor klasik. Bagi para penggemar motor klasik, memiliki tangki ini adalah bagian dari upaya melestarikan sejarah otomotif. Dengan perawatan yang tepat, tangki CB 100 original bisa bertahan selama bertahun-tahun, bahkan bisa diwariskan ke generasi selanjutnya sebagai bagian dari warisan budaya otomotif.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar